Selasa, 14 Februari 2017

Waspadai Ciri-Ciri Biro Umrah Bodong Agar Anda Tidak Tertipu

Waspadai Ciri-Ciri Biro Umrah Bodong Agar Anda Tidak Tertipu

Sebagai salah satu negara yang memiliki penduduk beragama muslim terbesar di dunia, Indonesia merupakan negara terbesar dalam mengirim warganya untuk melakukan ibadah ke tanah suci baik itu ibadah haji ataupun umrah. Ibadah haji dan umrah merupakan ibadah yang dilakukan oleh umat islam dan diwajibkan bagi mereka yang memiliki kemampuan baik itu fisik, mental maupun biaya. Salah satu cara untuk melakukan perjalanan haji dan umrah adalah dengan melalui biro perjalanan umrah dan haji.
Saat ini, ada banyak biro jasa perjalanan haji dan umrah yang bisa Anda pilih baik itu dari pemerintah ataupun dari swasta. Berhubung musim umrah lebih panjang dibandingkan musim haji, maka banyak biro yang rajin memanfaatkan peluang bisnis ini. Dalam menawarkan paket umrah, mereka memiliki harga yang berbeda-beda tergantung dari fasilitas yang ditawarkan seperti penginapan, pesawat dan juga kebutuhan-kebutuhan lainnya.
Tingginya animo masyarakat Indonesia untuk melakukan ibadah haji dan umrah membuat bisnis biro haji dan umrah menjadi sangat potensial dengan potensi profit yang cukup tinggi. Di sisi lain, hal tersebut sayangnya juga mengundang banyak orang yang tidak bertanggungjawab untuk melakukan penipuan terhadap calon jamaah haji dan terutama sekali jamaah umrah. Tidak seperti ibadah haji yang dilakukan dalam suatu waktu saja dalam setahun, ibadah umrah bisa dilakukan dalam waktu atau bulan apa saja (selain musim haji) sehingga potensi resiko penipuan terhadap calon jemaah umrah juga relatif besar.
Cermat Memilih Biro Umrah yang Baik 
Jika Anda saat ini ingin atau berniat untuk melakukan ibadah baik itu melaksanakan ibadah haji ataupun khususnya umrah, Anda harus lebih teliti dan mencari biro perjalanan yang memiliki kredibilitas yang baik. Agar tidak terjadi lagi kasus penipuan yang menimpa Anda, seharusnya Anda mengetahui dan mewaspadai hati-hati penipuan biro umrah bodong dan ilegal. Apalagi saat ini semakin banyak saja biro umrah bodong yang bisa Anda temui baik itu secara online yang biasanya dilakukan oleh agen dan ada juga yang offline (punya kantor) dan berbadan hukum. Godaan keuntungan tinggi dan potensi market yang besar membuat mereka sudah tidak perduli lagi akan dosa yang akan didapat apalagi menipu orang yang ingin melaksanakan ibadah kepada Allah.
Maka dari itu, di sini kami akan memberikan beberapa tips dan juga menginformasikan mengenai ciri-ciri dari perusahaan atau biro jasa perjalanan umrah dan haji yang bertujuan untuk menipu atau kurang memiliki kredibilitas yang baik. Jangan terbujuk rayu akan berbagai penawaran begitu saja dengan mudah apalagi menawarkan harga yang murah atau hal-hal lain yang berbau agama. Karena mereka akan melakukan apa saja agar Anda tertarik untuk menyetorkan uang kepada mereka. Berikut ini ciri-ciri dari biro perjalanan umrah bodong yang harus Anda ketahui.
Ciri-Ciri Biro Paket Umrah Bodong
1. Sering Menawarkan Harga yang Murah di Luar Kewajaran
Walau harga yang murah tidak memastikan kalau biro perjalanan tersebut termasuk perusahaan bodong, namun jika mereka menawarkan harga untuk biaya perjalanan yang lebih murah dari paket umrah dengan harga normal, Anda patutnya boleh untuk merasakan sedikit waspada dan curiga. Biasanya harga yang ditawarkan hanya sekitar 7 sampai 12 juta dengan iming-iming kuota terbatas atau sedang promo,  Padahal harga normalnya bisa jauh dari harga tersebut, harga tiket pesawat untuk menuju ke arab saudi saja berada di kisaran 12 jutaan. Tentunya hal yang aneh bukan jika mereka menawarkan harga tersebut kepada kita?
2. Tidak Ada Kantor/Lokasi Palsu
Ketika Anda mendapatkan penawaran paket umrah dari suatu perusahaan atau brosur iklan yang menurut Anda menarik, lebih dahulu cek apakah ada tempat atau kantor dari perusahaan tersebut. Cek juga apakah alamatnya memang sesuai dan bangunan tersebut benar-benar milik perusahaan tersebut lengkap dengan surat izinnya. Jangan sampai Anda begitu saja memberikan uang kepada perusahaan yang tidak jelas yang bahkan tidak memiliki sebuah gedung atau kantor resmi. Walaupun saat ini Anda bisa melakukan pendaftaran melalui jalur online, namun alangkah baiknya Anda juga melakukan cek ulang di kantor resmi dari biro perjalanan umrah yang Anda pilih. Sebaiknya juga hindari pembayaran yang dilakukan melalui jalur transfer.
3. Tidak Memiliki Website Resmi
Biro perjalanan atau travel yang resmi biasanya memiliki website yang profesional dan juga terdaftar serta dapat kita akses dengan mudah di Google. Jika Anda mendapatkan penawaran paket travel atau umrah dari biro perjalanan yang bahkan tidak memiliki website, mungkin Anda harus berfikir dua kali untuk mendaftar dan bekerjasama dengan mereka. Apalagi jika website yang mereka miliki hanya berupa blog gratisan seperti blogspot atau wordpress.
4. Bayar di Muka Dan Dijanjikan Berangkat di Waktu Tertentu
Travel umrah bodong dengan niat menipu biasanya memberi syarat untuk melakukan pembayaran di awal atau melakukan biaya uang muka dengan jumlah besar di awal dan dijanjikan untuk diberangkatkan pada waktu tertentu seperti tahun depan, atau beberapa tahun kemudian. Padahal ibadah umrah dapat dilakukan pada bulan apa saja selain musim haji. Ada beberapa hal mengapa mereka melakukan hal tersebut dan mengapa mereka memberikan biaya yang murah. Yang pertama karena mereka menggunakan uang tersebut untuk dijadikan modal usaha, dan yang kedua karena mereka ingin membawa kabur uang tersebut jauh sebelum Anda menyadari kalau Anda telah ditipu oleh biro perjalanan bodong tersebut.
5. Uang Digunakan untuk Usaha Lain
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, salah satu hal mengapa mereka menawarkan biaya yang murah karena mereka membutuhkan modal cepat dan menggunakan uang tersebut untuk hal lain seperti Forex atau disebut juga dengan money trading. Mereka menggunakan uang tersebut untuk ditaruh di pasar uang. Jika mereka mendapatkan keuntungan, Anda bisa saja benar-benar diberangkatkan umrah untuk menghindari kecurigaan. Namun jika mereka mengalami kerugian, kebanyakan akan kabur dan meninggalkan Anda yang sudah kehilangan uang jutaan rupiah.
Itulah beberapa ciri-ciri penipuan biro umrah bodong yang harus Anda hindari dan jauhi. Saat ini, bahkan sudah ada banyak metode penipuan yang dilakukan oleh para biro perjalanan umrah gadungan untuk mendapatkan calon korban. Salah satunya yang sedang tren adalah penipuan umrah dan haji dengan sistem MLM. Bahkan korban yang ada sudah cukup banyak, yaitu hampir lebih dari 1000 orang hingga saat ini karena mengikuti sistem tersebut untuk bisa berangkat umrah.
Tips Memilih Biro Perjalanan Umrah
Jika Anda ingin mencari biro perjalanan umrah yang baik dan kredibel. Kami akan memberikan beberapa tips untuk menemukan biro paket umrah yang baik dan kredibel yang bisa Anda pilih.
§ Selalu cek langsung ke kantor biro perjalanan dan cek juga apakah perusahaan mereka sudah terdaftar serta memiliki izin resmi atau tidak.
§ Cek di internet mengenai situs atau website kepunyaan mereka dan juga lihat review mengenai pelayanan serta baik dan buruk dari perusahaan jasa tersebut.
§ Jika yang menawarkan adalah ustad atau pemuka agama, cek apakah orang tersebut sudah berpengalaman atau tidak. Tidak jarang ada calon jamaah yang tertipu bersama-sama dengan ustad atau pemuka agama yang juga mengajak Anda.
§ Hati-hati jika Anda ditawari harga yang sangat murah atau paket dengan biaya yang kecil. Rata-rata biaya perjalanan umrah secara umum untuk saat ini adalah sekitar $1600 keatas. Dan bisa lebih mahal lagi jika Anda mengambil paket kelas satu baik untuk pesawat, hotel dan kebutuhan selama di sana.
§ Ketika sudah dekat waktu keberangkatan, pastikan Anda sudah mengetahui kode booking pesawat dua minggu sebelumnya. Persiapkan segala urusan seperti paspor, dan lain-lain.
§ Minta dan selalu berdoa kepada Allah agar dilancarkan segala urusan dan dimudahkan untuk bisa melakukan ibadah umrah ataupun haji.
Segerakan Menjadi Tamu Allah dengan Memilih Biro Umrah yang Tepat
Memilih biro perjalanan umrah yang baik bisa membuat kita merasa lebih tenang karena adanya kepastian jadwal berangkat. Untuk mendapatkan biro yang tepat Anda harus berhati-hati dalam memilih agar tidak menjadi korban penipuan biro umrah bodong dengan ciri-ciri seperti uraian diatas. Biro umrah resmi bisa dicek di situs kementerian agama. Banyaknya penipuan seringkali terjadi akibat tergoda oleh promo paket yang tidak wajar.

0 komentar:

Posting Komentar